BERITA SEPUTAR

PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (KIR)

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta



Maksimalkan Pelayanan Uji KIR UP PKB Tambah Satu Lajur Pengujian

Guna memaksimalkan pelayanan masyarakat dalam pengujian kendaraan bermotor, pihak UP Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung, Jakarta Timur akan menambah satu jalur pengujian awal tahun 2018 mendatang, Dengan begitu, uji KIR di tempat itu diharapkan bisa semakin maksimal dan mengerjakan banyak pengujian. Kepala Satuan Pelaksana (kasatpel) PKB Pulogadung, Djoko Thomas mengatakan, pengerjaan satu lajur tambahan itu sudah mencapai tahap finishing.

"Dengan rampungnya pengerjaan penambahan lajur, mudah-mudahan awal tahun 2018 mendatang lajur ini bisa digunakan untuk pengujian KIR," kata Djoko, Rabu (27/12/2017). Ia mengatakan satu lajur tambahan baru itu juga, saat ini sudah dilengkapi berbagai perlengkapan pengujian. Mulai dari pengujian emisi, rem, batas kecepatan dan sebagainya, sudah lengkap. "Sisanya tinggal pemasangan layar saja. Bila sudah terpasang, lajur pengujian ini bisa langsung digunakan," katanya. Satu lajur tambahan tersebut nantinya akan digunakan untuk pengujian kendaraan baru. Pasalnya, hanya di PKB Pulogadung saja, tempat pengujian KIR untuk mobil-mobil baru.

"Apalagi selama ini, hampir setiap harinya ratusan kendaraan baru masuk untuk pengujian KIR," katanya. Untuk satu lajur tambahan yang disiapkan untuk kendaraan baru yang akan uji KIR, karena dalam pemeriksaan butuh waktu yang cukup lama. Sehingga, penambahan lajur ini dapat mempercepat proses pengerjaan. "Kalau mobil yang berkala sudah ada datanya dan hanya butuh waktu 15 menit. Sedangkan yang baru, kita harus ambil data dari awal," katanya. Djoko mengatakan penambahan satu lajur ini, diharapkan bisa memaksimalkan pengujian KIR kendaraan. Pasalnya, untuk satu jalur yang ada bisa mengerjakan 70 unit kendaraan setiap harinya. "Saat ini kami ada tiga lajur, berarti satu hari bisa lebih 200 unit diuji. Belum lagi pengujian untuk bajaj yang setiap harinya bisa melayani 50 kendaraan, katanya. (JOS)