BERITA SEPUTAR

PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (KIR)

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta



Booking Uji Kir Kini Bisa Melalui Aplikasi Online, Nggak Ngantre Lagi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi e-KIR Jakarta : Booking. Aplikasi untuk melakukan booking uji kir secara online melalui aplikasi di smartphone. Pemilik kendaraan pun tidak perlu lagi antre di tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), untuk mendapat nomor booking uji kir.


Kepala PKB Pulogadung, Muslim mengatakan pemilik kendaraan cukup download aplikasi e-KIR Jakarta : Booking, di smartphone berbasis android. "Dalam aplikasi itu, pemilik cukup memasukkan nomor kendaraan atau nomor uji kendaraan. Jadi tidak perlu lagi antre dengan datang ke PKB," kata Muslim, ketika dihubungi, Minggu (13/11/2016). Nantinya, akan muncul data-data kendaraan. Seperti nomor uji, nomor kendaraan, nomor virtual account (VA), nama pemilik, alamat, dan jenis kendaraan.


Kemudian nomor chasis, nomor mesin, lokasi ujit, masa berlaku, status uji, dan nomor buku. "Dari nomor kendaraan yang dimasukkan itu, akan muncul tempat pengujian kendaraan. Kemudian jumlah kuota, dan pengendara bisa memilih tanggal yang diinginkan," jelasnya. Setelah memilih tanggal, maka pemilik kendaraan akan mendapatkan rincian booking. Mulai dari nomor virtual account dan waktu hadir uji serta biaya retribusi. Pemilik bisa memilih pembayaran melalui teller i lokasi, ATM, e-Banking, atau transfer melalui antar bank.