BERITA SEPUTAR

PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (KIR)

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta



Antrean Booking Kir Mobil di PKB Ujung Menteng Kini Tak Sampai Sepekan

Kini masyarakat tidak perlu menunggu berbulan-bulan seperti sebelumnya jika ingin melakukan uji kir kendaraannya di sini. Paling lama sekarang antrean bookingnya paling seminggu," ujar Djoko Thomas selaku Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Ujung Menteng, Jakarta Timur, Selasa (25/4).

Setahun lalu, PKB Ujung Menteng memang menjadi sorotan karena daftar tunggu bagi kendaraan yang hendak melakukan uji kir di sana hampir empat bulan dengan jumlah kendaraan mencapai puluhan ribu. Hingga kemudian Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencoba mencari solusi dengan membuat kebijakan baru.

Mulai 13 Oktober 2016, pengambilan nomor booking di lokasi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur ditutup untuk jenis kendaraan tertentu. Beberapa jenis kendaraan masih bisa melakukan booking di PKB Ujung Menteng, yakni kendaraan dengan tonase antara 3 ton-8 ton.

Untuk kendaraan dengan tonase di bawah tiga ton, diarahkan untuk melakukan uji kir di PKB Pulogadung dan kendaraan di atas delapan tol serta kendaraan kecil khusus seperti ambulan, dump truk dan mobil derek, akan diarahkan ke PKB CilincingSejak diberlakukan kebijakan tersebut, masa booking antrean sudah jauh berkurang.